Daftar tutorial

Saturday, May 22, 2010

Jalan-Jalan ke Dunia Supranatural di Museum Santet

Surabaya: Secara ilmiah memang belum bisa dijelaskan mengenai santet serta tenung. Namun fenomena ini ada dan hidup di masyarakat. Hal ini dibuktikan di museum kesehatan dokter Adyatma yang terletak di Jalan Indrapura, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Museum yang berada di Jalan Indrapura 17 Surabaya ini masih belum begitu diminati warga.

Di museum ini tersimpan ratusan benda yang berhubungan dunia supranatural. Boneka jaelangkung dan nini towok, misalnya. Dua benda ini pernah digunakan mencari petunjuk mendapat obat yang dapat menyembuhkan penyakit. Dipamerkan juga benda yang berhubungan dengan dunia supranatural.


Salah satu benda yang cukup menarik adalah foto torax yang menunjukkan adanya jarum yang dimasukkan ke perut bayi dengan menggunakan ilmu santet. Di museum ini juga mamamerkan berbagai peralatan bedah yang digunakan pada zaman penjajahan dulu lengkap dengan pisau bedah mata.

Pendiri musium ini bukan dukun atau tukang tenung tapi kalangan medis. Tujuan utama mendirikan museum ini untuk pembelajaran dunia ilmu kesehatan yang hidup di masyarakat. Dengan demikian para dokter muda bisa lebih memahami salah satu realita dunia kesehatan di masyarakat.(JUM)

Foto-Fotonya :


Museum yang menempati Gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan (P3SKK) Departemen Kesehatan ini diresmikan tahun 2004

Selain peralatan medis, museum ini juga memajang aneka peralatan medis budaya. Termasuk boneka Jailangkung dan Nini Towok dipertontonkan

Selain peralatan medis, museum ini juga memajang aneka peralatan medis budaya. Bahkan soal peralatan santet pun dikoleksinya

Foto rontgen janin yang bagian perutnya penuh jarum akibat terkena santet dipajang juga

Telur bekas untuk mengobati pasien yang terkena santet menjadi salah satu bagian koleksi museum

3 Butir gotri dan jarum dimaskan di dalam perut orang dewasa untuk mengobati penyakitnya.
Foto rontgen yang dikirim dari salah satu rumah sakit itu adalah potret warga yang masih mempercayai pemanfaatkan pengobatan Jawa.

Pakaian dokter di masa lampau juga dipamerkan

Boneka wanita untuk pemuas seks juga dipamerkan sebagai bagian
perkembangan ilmu kesehatan di tanah air

Celana anti pemerkosaan menjadi salah satu koleksi yang menyedot perhatian

Kursi roda masa lalu

Peralatan medis untuk aborsi turut dipajang

Melalui media batu, penyakit seseorang bisa dikeluarkan



sumber : foto : foto.detik.com berita : Liputan6.com

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 comments to “Jalan-Jalan ke Dunia Supranatural di Museum Santet”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .